-->

KEPALA SEKOLAH LOKOMOTIF PERUBAHAN PENDIDIKAN





Nadiem Makarim selaku  Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, (Mendikbud) Republik Indonesia, merumuskan formula yang rencanannya digunakan untuk mengubah wajah dunia pendidikan. Landasan awal untuk melakukan perubahan  tersebut diawali  dari membentuk kepala sekolah terbaik di Satuan Pendikan.
 
Dalam Konferensi Video Edukreator, Rabu 6 mei 2020 Nadiem Makarim berkata "Formula dan identifikasi kepala sekolah terbaik. Sehingga ketika menemukan formula kepemimpinan sekolah kita bisa membentuk yang baru untuk digerakkan di sekolah lain,"

Menurut Nadiem Makarim, Pola ini merupakan bagian dari program guru penggerak yang telah  diusungnya beberapa waktu lalu. Guru penggerak ini sangat diperlukan untuk mencetak pendidikan yang baik di sekolah.

Nadiem Makariem menyadari bahwa sekolah akan terus bergenerasi paling tidak setiap lima tahun sekali, dan rancangan yang tepat untuk mendukung program tersebut sangat diperlukan. Mengingat hal tersebut pembentukan karakter kepemimpinan yang baik di satuan Pendidikan merupakan langkah yang paling utama.
 
"Harapannya dalam lima tahun pertama ada poin misalnya 20 persen. Artinya perubahan telah terjadi 20 persen,"  ujar Mentri Pendidikan tersebut.
Waktu yang dibutuhkan tidak cukup hanya dengan rentang lima tahun, untuk mencapai target 100 % perlu waktu yang lebih lama lagi.

"Perubahan itu bahkan mungkin idealnya memakan waktu 15 tahun. Fondasinya memang penguatan kepemimpinan di sekolah. Organisasi penggerak akan kita dorong untuk kerja sama ke arah sana," ujar Nadiem.


Agar perubahan kearah yang lebih baik bisa tercapai dengan baik, maka perlu dibangun fondasi awall yang lebih kokoh. (DR)



0 Response to "KEPALA SEKOLAH LOKOMOTIF PERUBAHAN PENDIDIKAN"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel