-->

SMPIT BAHANA MANDIRI Sekolah Berbasis Karakter dan Akhlak Mulia di Kota Bekasi






Sekolah merupakan garda terdepan dalam perubahan. Hal ini mendorong pihak pemerintah atau swasta meningkatkan kuantitas dan kualitas sekolah. SMPIT Bahana Mandiri merupakan salah satu sekolah yang mengedepankan karakter dan ahlak mulia dalam setiap pembelajarannya. selain memuat kurikulum Nasional juga mengembangkan kurikulum lokal yang menitik beratkan kepada penguatan spiritual keagamaan. 
Perkembangan teknologi dan budaya yang masif tentunya diperlukan filterisasi yang kuat dalam diri peserta didik, sehingga mampu mengontrol dirinya dan memberikan pengaruh positif bagi lingkungannya. Membangun bangsa yang besar tentunya diperlukan karakter bangsa yang kuat. Hal ini menunjukan pentingnya sekolah - sekolah yang memiliki komitmen terhadap pengembangan karakter.


Pengembangan karakter dan akhlak mulia di SMPIT Bahana Mandiri ditunjukan dengan melakukan kegiatan BTQ (Baca Tulis Al - Qur'an) diawal pembelajaran dan dilaksanakan  jam 06.45 sampai dengan jam 07.30. Selain BTQ pengembangan karakter dan ahlak mulia di SMPIT Bahana Mandiri dilakukan dengan  pembiasaan budaya  5 S (Senyum, Salam, Sopan , Santun) dan diterapkan saat siswa masuk pintu gerbang Sekolah, saat kegiatan pembelajaran berlangsung  dan menerapkannya dilingkungan rumah masing - masing. Pola Kontrol penerapan Sikap Sosial dan Keagamaan di SMPIT Bahana Mandiri dilakukan dengan membuat buku Kontrol  Siswa yang berisi Penilaian Sikap, Penilaian Kegiatan Agama Harian termasuk sholat fardhu yang ditanda tangani orang tua, wali kelas, dan Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti.Pelaksanaan Sholat Dhuha SMPIT Bahana Mandiri  dilaksanakan sebelum Istirahat, dan pelaksanaan Sholat Dzuhur dilaksanakan sebelum makan siang. Sebelum pulang seluruh Siswa melaksanakan Sholat Asar secara berjamaah dan melakukan Muro'jaah atau mengulang hapalan Al - Qur'an. Kegiatan lain yang diterapkan di SMPIT Bahana Mandiri yang menumbuhkan karakter adalah program Jum'at Sedekah yang peruntukan hasilnya untuk kegiatan social, seperti santunan anak Yatim, menjenguk siswa yang sakit. Saat siswa putra melaksanakan Sholat Jum'at, seluruh siswa putri SMPIT Bahana Mandiri melaksanakan kegiatan Keputrian yang bertujuan memperkuat keimanan, keilmuan, dan karakter peserta ddik.


Kegiatan Tahfizh Al - Qur'an merupakan salah satu Program Unggulan SMPIT Bahana Mandiri. Kegiatan ini terintegrasai dengan program BTQ (Baca Tulis Al - Quran) dan pelajaran Al - Qur'an Hadis. Peserta didik dibekali dengan 11 jam dalam seminggu untuk memperdalam Al - Qur'an meliputi, 6 Jam Tahfiz Al - Qur'an 3 jam BTQ, dan 2 Jam Al - Quran Hadist. Sehingga sealin mampu menghapal siswa dapat membaca Al - Qur'an dengan tartil dan mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari - hari.


Program Unggulan lain yang diterapkan di SMPIT Bahana Mandiri adalah Program Bilingual dengan menitik beratkan kepada penerapan Bahasa Arab dan Bahasa Inggris. Penguatan kegiatan ini dilakukan dengan membentuk English Club dan Arabian Club yang diharapkann siswa mampu mengembangkan kemampuan percakapan kedua Bahasa Internasional tersebut, sehingga siswa SMPIT Bahana Mandiri selain mampu bersaing di tingkat Nasional juaga mampu bersaing di tingkat Global.

Penerapan Full Day School dengan penerapan 5 hari belajar efektif, memungkinkan siswa dapat mengembangkan karakter, kreatifitas, dan hobbynya dalam Ektrakurikuler di SMPIT, Bahana Mandiri. Beberapa Ekstra kurikuler yang dikembangkan di SMPIT Bahana Mandiri diantaranya Pramuka, Paskibra, PMR, Futsal, Komputer, Marawis, Basket, Volly Ball, English Club, dan Arabian Club Kegiatan ini bertujuan untuk menggali potensi siswa yang terpendam dan dapat disalurkan melalui kreatifitas. Kegiatan Ekstrakurikuler SMPIT Bahana Mandiri dilaksanakan pada Hari Sabtu dimulai jam 07.00 sampai dengan pikul 12.00. sedangkan kegiatan Ekstrakurikuler BTQ dilaksanakann setiap hari Selasa, Rabu, dan Jum'at dimulai pukul 06.45 sampapi dengan pukul 07.30. Kegitan BTQ ini dilaksanakan untuk mebantu siswa yang terkendala dengan bacaan Al Quran yang kurang atau belum lancer. Pelaksanaan kegiatan Pramuka dilaksanakan pada hari Kamis yang diikuti seluruh siswa SMPIT Bahana Mandiri, karena Pramuka merupakan Ekstrakurikuler wajib yang akan membentuk karakter dan kedisiplinan siswa secara paripurna.



Dengan Fasilitas Ruang yang nyaman dengan dilengkapi 2 buah AC tiap Ruangan, Fasititas Kursi dan Meja dengan kualitas tinggi, Ruang Laboratorium Komputer dan IPA yang memadai, Sarana Ibadah yang representatif, Kantin sekolah yang sehat,lapangan Olah Raga yang Super Luas, lapangan Parkir yang memadai, dilengkapi CCTV dan Security 24 jam, serta tenaga pendidik yang professional, maka SMPIT Bahana Mandiri layak menjadi salah satu Sekolah Pilihan warga Kota Bekasi dan Sekitarnya untuk mewujudkan generasi yang unggul dalam ilmu, mulia dalam ahlak, dan berwawasan global. 

0 Response to "SMPIT BAHANA MANDIRI Sekolah Berbasis Karakter dan Akhlak Mulia di Kota Bekasi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel