-->

RPP TIKOM SABAR PAI & BUDI PEKERTI KELAS 9


 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) TIKOM SABAR

Nama Sekolah

SMPIT Bahana Mandiri

Alokasi Waktu

2  X 25 Menit

Mata Pelajaran

PAI dan Budi Pekerti

Tahun Pelajaran

2020/2021

Kelas/Semester

VIII/ Genap

Guru Mapel

Abdul Khoir,S.Pd.

KD 3

KD 4

3.4 memahami makna iman kepada Qadha dan Qadar berdasarkan pengamatan terhadap dirinya, alam sekitar dan makhluk ciptaan- Nya

4.4 menyajikan dalil naqli tentang adanya Qadha dan Qadar

Materi

Memahami makna iman kepada Qadha dan Qadar berdasarkan pengamatan terhadap dirinya, alam sekitar dan makhluk ciptaan- Nya

 

I. TUJUAN PEMBELAJARAN:

Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:

3.4.1 Memahami makna iman kepada Qadha dan Qadar berdasarkan pengamatan terhadap dirinya, alam sekitar dan makhluk ciptaan- Nya

Pertemuan ke –1

II. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

 Kegiatan Pembelajaran

Metode :

·  Tatap Muka Google Meet

·  Model  6 S

·  Tanya jawab

 

 

Sumber Belajar :

·  You Tube

·  E-Book

·  Buku Paket PAI

 

 

Media Pembelajaran :

1. Android

2. Laptop

3. LKS

4. Platform :

a. You Tube

b. Google Classroom

c. Google Form

A. PENDAHULUAN

SEMANGATI

a. Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran, memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin

b. Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya serta mengajukan pertanyaan untuk mengingat dan menghubungkan dengan materi selanjutnya

c. Menyampaikan tujuan mempelajari materi: memahami makna iman kepada Qadha dan Qadar berdasarkan pengamatan terhadap dirinya, alam sekitar dan makhluk ciptaan- Nya beserta target KBM yang akan di capai

d. Menyampaikan motivasi tentang manfaat  dengan mempelajari materi: memahami makna iman kepada Qadha dan Qadar berdasarkan pengamatan terhadap dirinya, alam sekitar dan makhluk ciptaan- Nya

B. KEGIATAN INTI

SAMPAIKAN

a. Menjelaskan hal-hal yang akan dipelajari, kompetensi yang akan dicapai, serta metode belajar yang akan ditempuh.

b. Menyampaikam Materi secara runtut dan sistematis

SEMAIKAN            

Peserta didik diberi motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya kembali. mereka diberikan tayangan dan bahan bacaan terkait materi memahami makna iman kepada Qadha dan Qadar berdasarkan pengamatan terhadap dirinya, alam sekitar dan makhluk ciptaan- Nya dan mengambil makna nilai karakter positif dari video yang di  tayangan

SELARASKAN      

Guru memberikan kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami, dimulai dari pertanyaan factual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi memahami makna iman kepada Qadha dan Qadar berdasarkan pengamatan terhadap dirinya, alam sekitar dan makhluk ciptaan- Nya

SERAPKAN            

a. Peserta didik mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai memahami makna iman kepada Qadha dan Qadar berdasarkan pengamatan terhadap dirinya, alam sekitar dan makhluk ciptaan- Nya

b. Peserta didik mempresentasikan hasil kerja individu secara klasikal, mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi kembali oleh individu yang mempresentasikan

C. PENUTUP

SIMPLIFIKASI

a. Guru dan peserta didik membuat rrangkuman /kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait memahami makna iman kepada Qadha dan Qadar berdasarkan pengamatan terhadap dirinya, alam sekitar dan makhluk ciptaan- Nya

b. Peserta didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami

 

III. PENILAIAN, EVALUASI DIRI, DAN TINDAK LANJUT

A.      PENILAIAN :

1.     Penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan dilakukan selama dan pada akhir materi

2.     Nilai pengetahuan melalui tugas Harian dengan target  KBM 78

3.     Penilaian keterampilan Melalui Tugas mengenai keberagaman masyarakat Indonesia

4.     Penilaian Sikap dilakukan dengan memantau  siswa selama pembelajaran dengan observasi melalui lembar observasi

B.       EVALUASI DIRI :

1.     Kurang memahami cara menilai sikap (KI.1 & KI.2) pada pembelajaran daring

2.     Belum terbiasa menggunakan daftar hadir Online

C.      RENCANA TINDAK LANJUT

Tindak lanjut Perbaikan dilakukan dengan:

1.     Implementasi penilaian sikap pada pembelajaran daring

Sikap Spiritual  : Observsi pada saat berdoa sebelum dan sesudah pembelajaran

Sikap Sosial      : Observasi dari prilaku ( santun, sopan tertib, menggunakan seragam ) pada saat tatap muka

 virtual berlangsung

2.     Implementasi daftar hadir Online dilaksanakan sebelum pembelajaran dilaksanakan dengan menggunakan google form

Mengetahui,

Kepala SMPIT Bahana Mandiri

 

Dadang Rohmatuloh,S.Pd.I.

 

 

                 Bekasi,    Juli 2020

                 Guru Mata Pelajaran

 

                 Abdul Khoir,S.Pd.

                

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) TIKOM SABAR

Nama Sekolah

SMPIT Bahana Mandiri

Alokasi Waktu

2  X 25 Menit

Mata Pelajaran

PAI dan Budi Pekerti

Tahun Pelajaran

2020/2021

Kelas/Semester

VIII/ Genap

Guru Mapel

Abdul Khoir,S.Pd.

KD 3

KD 4

3.4 memahami makna iman kepada Qadha dan Qadar berdasarkan pengamatan terhadap dirinya, alam sekitar dan makhluk ciptaan- Nya

4.4 menyajikan dalil naqli tentang adanya Qadha dan Qadar

Materi

Menyajikan dalil naqli tentang adanya Qadha dan Qadar

 

I. TUJUAN PEMBELAJARAN:

Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:

4.4.1. Menyajikan dalil naqli tentang adanya Qadha dan Qadar

 

Pertemuan ke –2

II. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

 Kegiatan Pembelajaran

Metode :

·  Tatap Muka Google Meet

·  Model  6 S

·  Tanya jawab

 

 

Sumber Belajar :

·  You Tube

·  E-Book

·  Buku Paket PAI

 

 

Media Pembelajaran :

1. Android

2. Laptop

3. LKS

4. Platform :

a. You Tube

b. Google Classroom

c. Google Form

A. PENDAHULUAN

SEMANGATI

a. Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran, memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin

b. Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya serta mengajukan pertanyaan untuk mengingat dan menghubungkan dengan materi selanjutnya

c. Menyampaikan tujuan mempelajari materi: menyajikan dalil naqli tentang adanya Qadha dan Qadar beserta target KBM yang akan di capai

d. Menyampaikan motivasi tentang manfaat  dengan mempelajari materi: menyajikan dalil naqli tentang adanya Qadha dan Qadar

B. KEGIATAN INTI

SAMPAIKAN

a. Menjelaskan hal-hal yang akan dipelajari, kompetensi yang akan dicapai, serta metode belajar yang akan ditempuh.

b. Menyampaikam Materi secara runtut dan sistematis

SEMAIKAN            

Peserta didik diberi motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya kembali. mereka diberikan tayangan dan bahan bacaan terkait materi menyajikan dalil naqli tentang adanya Qadha dan Qadar dan mengambil makna nilai karakter positif dari video yang di  tayangan

SELARASKAN      

Guru memberikan kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami, dimulai dari pertanyaan factual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi menyajikan dalil naqli tentang adanya Qadha dan Qadar

SERAPKAN            

a. Peserta didik mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai menyajikan dalil naqli tentang adanya Qadha dan Qadar

b. Peserta didik mempresentasikan hasil kerja individu secara klasikal, mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi kembali oleh individu yang mempresentasikan

C. PENUTUP

SIMPLIFIKASI

a. Guru dan peserta didik membuat rrangkuman /kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait menyajikan dalil naqli tentang adanya Qadha dan Qadar

b. Peserta didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami

 

III. PENILAIAN, EVALUASI DIRI, DAN TINDAK LANJUT

A.      PENILAIAN :

1.     Penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan dilakukan selama dan pada akhir materi

2.     Nilai pengetahuan melalui tugas Harian dengan target  KBM 78

3.     Penilaian keterampilan Melalui Tugas mengenai keberagaman masyarakat Indonesia

4.     Penilaian Sikap dilakukan dengan memantau  siswa selama pembelajaran dengan observasi melalui lembar observasi

B.       EVALUASI DIRI :

1.     Kurang memahami cara menilai sikap (KI.1 & KI.2) pada pembelajaran daring

2.     Belum terbiasa menggunakan daftar hadir Online

C.      RENCANA TINDAK LANJUT

Tindak lanjut Perbaikan dilakukan dengan:

1.     Implementasi penilaian sikap pada pembelajaran daring

Sikap Spiritual  : Observsi pada saat berdoa sebelum dan sesudah pembelajaran

Sikap Sosial      : Observasi dari prilaku ( santun, sopan tertib, menggunakan seragam ) pada saat tatap muka

 virtual berlangsung

2.     Implementasi daftar hadir Online dilaksanakan sebelum pembelajaran dilaksanakan dengan menggunakan google form

 

Mengetahui,

Kepala SMPIT Bahana Mandiri

 

Dadang Rohmatuloh,S.Pd.I.

 

                 Bekasi,    Juli 2020

                 Guru Mata Pelajaran

 

                 Abdul Khoir,S.Pd.

                

 

0 Response to "RPP TIKOM SABAR PAI & BUDI PEKERTI KELAS 9"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel