RPP TIKOM SABAR PAI & BUDI PEKERTI KELAS 8
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) TIKOM SABAR
Nama Sekolah |
SMP Taman Harapan 2 Bekasi |
Alokasi Waktu |
2 X 25
Menit |
Mata Pelajaran |
PAI dan Budi Pekerti |
Tahun Pelajaran |
2020/2021 |
Kelas/Semester |
VIII/ Genap |
Guru Mapel |
Abdul Jalil, S.Pd. |
KD 3 |
KD 4 |
||
3.4 Memahami
makna beriman kepada Rasul Allah SWT |
4.4 Menyajikan
dalil naqli tentang iman kepada Rasul Allah SWT |
||
Materi |
|||
Memahami makna beriman kepada Rasul Allah SWT |
I. TUJUAN
PEMBELAJARAN:
Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta
didik diharapkan dapat:
3.4.1 Memahami makna beriman kepada Rasul Allah SWT
Pertemuan ke –1
II. LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN
Kegiatan Pembelajaran |
|
Metode
: · Tatap Muka Google Meet · Model 6 S · Tanya jawab
Sumber
Belajar : · You Tube · E-Book · Buku Paket PAI
Media
Pembelajaran : 1. Android 2. Laptop 3. LKS 4. Platform : a. You Tube b.
Google Classroom c. Google
Form |
A. PENDAHULUAN SEMANGATI a. Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran,
memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin b. Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya serta
mengajukan pertanyaan untuk
mengingat dan menghubungkan dengan materi
selanjutnya c. Menyampaikan
tujuan mempelajari materi: memahami makna beriman kepada Rasul Allah
SWT beserta target KBM yang akan di capai d. Menyampaikan
motivasi tentang manfaat dengan
mempelajari materi: memahami makna beriman kepada Rasul Allah
SWT |
B. KEGIATAN INTI SAMPAIKAN a. Menjelaskan
hal-hal yang akan dipelajari, kompetensi yang akan dicapai, serta metode
belajar yang akan ditempuh. b. Menyampaikam
Materi secara runtut dan sistematis SEMAIKAN Peserta didik diberi motivasi dan panduan untuk
melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya kembali. mereka diberikan
tayangan dan bahan bacaan terkait materi
memahami
makna beriman kepada Rasul Allah SWT dan mengambil makna nilai
karakter positif dari video yang di
tayangan SELARASKAN Guru
memberikan kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum
dipahami, dimulai dari pertanyaan factual sampai ke pertanyaan yang bersifat
hipotetik. Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi memahami
makna beriman kepada Rasul Allah SWT SERAPKAN a. Peserta
didik mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar
informasi mengenai memahami makna beriman kepada Rasul Allah
SWT b. Peserta
didik mempresentasikan hasil kerja individu secara klasikal, mengemukakan
pendapat atas presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi kembali oleh
individu yang mempresentasikan |
|
C. PENUTUP SIMPLIFIKASI a. Guru dan
peserta didik membuat rrangkuman /kesimpulan tentang hal-hal yang telah
dipelajari terkait memahami
makna beriman kepada Rasul Allah SWT b. Peserta didik
kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami |
III. PENILAIAN,
EVALUASI DIRI, DAN TINDAK LANJUT
A.
PENILAIAN :
1. Penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan
dilakukan selama dan pada akhir materi
2. Nilai pengetahuan melalui tugas Harian dengan
target KBM 78
3. Penilaian keterampilan Melalui Tugas mengenai
keberagaman masyarakat Indonesia
4. Penilaian Sikap dilakukan dengan memantau siswa selama pembelajaran dengan observasi
melalui lembar observasi
B.
EVALUASI DIRI :
1. Kurang memahami cara menilai sikap (KI.1 &
KI.2) pada pembelajaran daring
2. Belum terbiasa menggunakan daftar hadir Online
C. RENCANA
TINDAK LANJUT
Tindak lanjut Perbaikan dilakukan dengan:
1. Implementasi penilaian
sikap pada pembelajaran daring
Sikap Spiritual : Observsi pada saat berdoa sebelum dan
sesudah pembelajaran
Sikap Sosial : Observasi dari prilaku ( santun, sopan
tertib, menggunakan seragam ) pada saat tatap muka
virtual berlangsung
2.
Implementasi daftar hadir Online
dilaksanakan sebelum pembelajaran dilaksanakan dengan menggunakan google form
Mengetahui, Kepala SMPIT Bahana
Mandiri Dadang Rohmatuloh,,S.Pd.I. |
|
Bekasi, Juli 2020 Guru Mata
Pelajaran
Abdul Jalil,S.Pd. |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) TIKOM
SABAR
Nama Sekolah |
SMPIT Bahana Mandiri |
Alokasi Waktu |
2 X 25
Menit |
Mata Pelajaran |
PAI dan Budi Pekerti |
Tahun Pelajaran |
2020/2021 |
Kelas/Semester |
VIII/ Genap |
Guru Mapel |
Abdul Jalil,S.Pd. |
KD 3 |
KD 4 |
||
3.4 memahami
makna beriman kepada Rasul Allah SWT |
4.4 menyajikan
dalil naqli tentang iman kepada Rasul Allah SWT |
||
Materi |
|||
Menyajikan dalil naqli tentang iman kepada
Rasul Allah SWT |
I. TUJUAN
PEMBELAJARAN:
Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta
didik diharapkan dapat:
4.4.1. Menyajikan
dalil naqli tentang iman kepada Rasul Allah SWT
Pertemuan ke –2
II. LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN
Kegiatan Pembelajaran |
|
Metode
: · Tatap Muka Google Meet · Model 6 S · Tanya jawab
Sumber
Belajar : · You Tube · E-Book · Buku Paket PAI
Media
Pembelajaran : 1. Android 2. Laptop 3. LKS 4. Platform : a. You Tube b.
Google Classroom c. Google
Form |
A. PENDAHULUAN SEMANGATI a. Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran,
memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin b. Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya serta
mengajukan pertanyaan untuk
mengingat dan menghubungkan dengan materi
selanjutnya c. Menyampaikan
tujuan mempelajari materi: menyajikan dalil naqli tentang iman kepada
Rasul Allah SWT beserta target KBM yang akan di capai d. Menyampaikan
motivasi tentang manfaat dengan
mempelajari materi: menyajikan dalil naqli tentang iman kepada
Rasul Allah SWT |
B. KEGIATAN INTI SAMPAIKAN a. Menjelaskan
hal-hal yang akan dipelajari, kompetensi yang akan dicapai, serta metode
belajar yang akan ditempuh. b. Menyampaikam
Materi secara runtut dan sistematis SEMAIKAN Peserta didik diberi motivasi dan panduan untuk
melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya kembali. mereka diberikan
tayangan dan bahan bacaan terkait materi
menyajikan
dalil naqli tentang iman kepada Rasul Allah SWT dan mengambil makna
nilai karakter positif dari video yang di
tayangan SELARASKAN Guru
memberikan kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum
dipahami, dimulai dari pertanyaan factual sampai ke pertanyaan yang bersifat
hipotetik. Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi menyajikan
dalil naqli tentang iman kepada Rasul Allah SWT SERAPKAN a. Peserta
didik mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar
informasi mengenai menyajikan dalil naqli tentang iman kepada
Rasul Allah SWT b. Peserta
didik mempresentasikan hasil kerja individu secara klasikal, mengemukakan
pendapat atas presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi kembali oleh
individu yang mempresentasikan |
|
C. PENUTUP SIMPLIFIKASI a. Guru dan peserta
didik membuat rrangkuman /kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari
terkait menyajikan dalil naqli tentang iman
kepada Rasul Allah SWT b. Peserta didik
kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami |
III. PENILAIAN,
EVALUASI DIRI, DAN TINDAK LANJUT
A.
PENILAIAN :
1. Penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan
dilakukan selama dan pada akhir materi
2. Nilai pengetahuan melalui tugas Harian dengan
target KBM 78
3. Penilaian keterampilan Melalui Tugas mengenai
keberagaman masyarakat Indonesia
4. Penilaian Sikap dilakukan dengan memantau siswa selama pembelajaran dengan observasi
melalui lembar observasi
B.
EVALUASI DIRI :
1. Kurang memahami cara menilai sikap (KI.1 &
KI.2) pada pembelajaran daring
2. Belum terbiasa menggunakan daftar hadir Online
C. RENCANA
TINDAK LANJUT
Tindak lanjut Perbaikan dilakukan dengan:
1. Implementasi penilaian
sikap pada pembelajaran daring
Sikap Spiritual : Observsi pada saat berdoa sebelum dan
sesudah pembelajaran
Sikap Sosial : Observasi dari prilaku ( santun, sopan
tertib, menggunakan seragam ) pada saat tatap muka
virtual berlangsung
2.
Implementasi daftar hadir Online
dilaksanakan sebelum pembelajaran dilaksanakan dengan menggunakan google form
Mengetahui, Kepala SMPIT Bahana
Mandiri
Dadang Rohmatuloh,S.Pd.I. |
|
Bekasi, Juli 2020 Guru Mata
Pelajaran
Abdul Jalil,S.Pd. |
0 Response to "RPP TIKOM SABAR PAI & BUDI PEKERTI KELAS 8"
Post a Comment