-->

RPP TIKOM SABAR PAI & BUDI PEKERTI KELAS 7

                



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) TIKOM SABAR


Nama Sekolah

SMPIT Bahana Mandiri

Alokasi Waktu

2  X 25 Menit

Mata Pelajaran

PAI dan Budi Pekerti

Tahun Pelajaran

2020/2021

Kelas/Semester

VII/ Genap

Guru Mapel

Abdul Jalil,S.Pd.

KD 3

KD 4

3.6. Memahami makna hormat dan patuh kepada kedua

       orang tua dan guru, dan empati terhadap sesama

4.6. Menyajikan makna hormat dan patuh kepada orang tua

       dan guru, dan empati terhadap sesama

Materi

Memahami makna hormat dan patuh kepada kedua orang tua dan guru, dan empati terhadap sesama

 

I. TUJUAN PEMBELAJARAN:

Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:

3.6.1 Memahami makna hormat dan patuh kepada kedua orang tua dan guru, dan empati terhadap sesama

Pertemuan ke –1

II. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

 Kegiatan Pembelajaran

Metode :

·  Tatap Muka Vicons

·  Model  6 S

·  Tanya jawab

 

 

Sumber Belajar :

·  You Tube

·  E-Book

·  Buku Paket PAI

 

 

Media Pembelajaran :

1. Android

2. Laptop

3. LKS

4. Platform :

a. You Tube

b. Google Classroom

c. Google Form

A. PENDAHULUAN

SEMANGATI

a. Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran, memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin

b. Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya serta mengajukan pertanyaan untuk mengingat dan menghubungkan dengan materi selanjutnya

c. Menyampaikan tujuan mempelajari materi: memahami makna hormat dan patuh kepada kedua orang tua dan guru, dan empati terhadap sesama beserta target KBM yang akan di capai

d. Menyampaikan motivasi tentang manfaat  dengan mempelajari materi: memahami makna hormat dan patuh kepada kedua orang tua dan guru, dan empati terhadap sesama

B. KEGIATAN INTI

SAMPAIKAN

a. Menjelaskan hal-hal yang akan dipelajari, kompetensi yang akan dicapai, serta metode belajar yang akan ditempuh.

b. Menyampaikam Materi secara runtut dan sistematis

SEMAIKAN            

Peserta didik diberi motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya kembali. mereka diberikan tayangan dan bahan bacaan terkait materi memahami makna hormat dan patuh kepada kedua orang tua dan guru, dan empati terhadap sesama dan mengambil makna nilai karakter positif dari video yang di  tayangan

SELARASKAN      

Guru memberikan kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami, dimulai dari pertanyaan factual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi memahami makna hormat dan patuh kepada kedua orang tua dan guru, dan empati terhadap sesama

SERAPKAN            

a. Peserta didik mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai memahami makna hormat dan patuh kepada kedua orang tua dan guru, dan empati terhadap sesama

b. Peserta didik mempresentasikan hasil kerja individu secara klasikal, mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi kembali oleh individu yang mempresentasikan

C. PENUTUP

SIMPLIFIKASI

a. Guru dan peserta didik membuat rrangkuman /kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait memahami makna hormat dan patuh kepada kedua orang tua dan guru, dan empati terhadap sesama

b. Peserta didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami

 

III. PENILAIAN, EVALUASI DIRI, DAN TINDAK LANJUT

A.       PENILAIAN :

1.     Penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan dilakukan selama dan pada akhir materi

2.     Nilai pengetahuan melalui tugas Harian dengan target  KBM 78

3.     Penilaian keterampilan Melalui Tugas mengenai keberagaman masyarakat Indonesia

4.     Penilaian Sikap dilakukan dengan memantau  siswa selama pembelajaran dengan observasi melalui lembar observasi

B.       EVALUASI DIRI :

1.     Kurang memahami cara menilai sikap (KI.1 & KI.2) pada pembelajaran daring

2.     Belum terbiasa menggunakan daftar hadir Online

C.        RENCANA TINDAK LANJUT

Tindak lanjut Perbaikan dilakukan dengan:

1.     Implementasi penilaian sikap pada pembelajaran daring

Sikap Spiritual  : Observsi pada saat berdoa sebelum dan sesudah pembelajaran

Sikap Sosial      : Observasi dari prilaku ( santun, sopan tertib, menggunakan seragam ) pada saat tatap muka

 virtual berlangsung

2.     Implementasi daftar hadir Online dilaksanakan sebelum pembelajaran dilaksanakan dengan menggunakan Google form

 

Mengetahui,

Kepala SMPIT Bahana Mandiri

 

Dadang Rohmatuloh,S.Pd.I.

 

 

                   Bekasi,    Juli 2020

                   Guru Mata Pelajaran

 

 

                   Abdul Jalil,S.Pd.

                 

 

 


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) TIKOM SABAR

 

Nama Sekolah

SMPIT Bahana Mandiri

Alokasi Waktu

2  X 25 Menit

Mata Pelajaran

PAI dan Budi Pekerti

Tahun Pelajaran

2020/2021

Kelas/Semester

VII/ Genap

Guru Mapel

Abdul Jalil, S.Pd.I

KD 3

KD 4

3.6. Memahami makna hormat dan patuh kepada kedua

       orang tua dan guru, dan empati terhadap sesama

4.6. Menyajikan makna hormat dan patuh kepada orang tua

       dan guru, dan empati terhadap sesama

Materi

Memahami makna hormat dan patuh kepada kedua orang tua dan guru, dan empati terhadap sesama

 

I. TUJUAN PEMBELAJARAN:

Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:

4.6.1. Menyajikan makna hormat dan patuh kepada orang tua dan guru, dan empati terhadap sesama

Pertemuan ke –2

II. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

 Kegiatan Pembelajaran

Metode :

·  Tatap Muka Vicons

·  Model  6 S

·  Tanya jawab

 

 

Sumber Belajar :

·  You Tube

·  E-Book

·  Buku Paket PAI

 

 

Media Pembelajaran :

1. Android

2. Laptop

3. LKS

4. Platform :

a. You Tube

b. Google Classroom

c. Google Form

A. PENDAHULUAN

SEMANGATI

a. Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran, memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin

b. Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya serta mengajukan pertanyaan untuk mengingat dan menghubungkan dengan materi selanjutnya

c. Menyampaikan tujuan mempelajari materi: menyajikan makna hormat dan patuh kepada orang tua dan guru, dan empati terhadap sesama beserta target KBM yang akan di capai

d. Menyampaikan motivasi tentang manfaat  dengan mempelajari materi: menyajikan makna hormat dan patuh kepada orang tua dan guru, dan empati terhadap sesama

B. KEGIATAN INTI

SAMPAIKAN

a. Menjelaskan hal-hal yang akan dipelajari, kompetensi yang akan dicapai, serta metode belajar yang akan ditempuh.

b. Menyampaikam Materi secara runtut dan sistematis

SEMAIKAN            

Peserta didik diberi motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya kembali. mereka diberikan tayangan dan bahan bacaan terkait materi menyajikan makna hormat dan patuh kepada orang tua dan guru, dan empati terhadap sesama dan mengambil makna nilai karakter positif dari video yang di  tayangan

SELARASKAN      

Guru memberikan kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami, dimulai dari pertanyaan factual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi menyajikan makna hormat dan patuh kepada orang tua dan guru, dan empati terhadap sesama

SERAPKAN            

a. Peserta didik mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai menyajikan makna hormat dan patuh kepada orang tua dan guru, dan empati terhadap sesama

b. Peserta didik mempresentasikan hasil kerja individu secara klasikal, mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi kembali oleh individu yang mempresentasikan

C. PENUTUP

SIMPLIFIKASI

a. Guru dan peserta didik membuat rrangkuman /kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait menyajikan makna hormat dan patuh kepada orang tua dan guru, dan empati terhadap sesama

b. Peserta didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami

 

III. PENILAIAN, EVALUASI DIRI, DAN TINDAK LANJUT

A.       PENILAIAN :

1.     Penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan dilakukan selama dan pada akhir materi

2.     Nilai pengetahuan melalui tugas Harian dengan target  KBM 78

3.     Penilaian keterampilan Melalui Tugas mengenai keberagaman masyarakat Indonesia

4.     Penilaian Sikap dilakukan dengan memantau  siswa selama pembelajaran dengan observasi melalui lembar observasi

B.       EVALUASI DIRI :

1.     Kurang memahami cara menilai sikap (KI.1 & KI.2) pada pembelajaran daring

2.     Belum terbiasa menggunakan daftar hadir Online

C.        RENCANA TINDAK LANJUT

Tindak lanjut Perbaikan dilakukan dengan:

1.     Implementasi penilaian sikap pada pembelajaran daring

Sikap Spiritual  : Observsi pada saat berdoa sebelum dan sesudah pembelajaran

Sikap Sosial      : Observasi dari prilaku ( santun, sopan tertib, menggunakan seragam ) pada saat tatap muka

 virtual berlangsung

2.     Implementasi daftar hadir Online dilaksanakan sebelum pembelajaran dilaksanakan dengan menggunakan google form

 

Mengetahui,

Kepala SMPIT Bahana Mandiri

 

 

 Dadang Rohmatuloh,S.Pd.I.

 

                   Bekasi,    Juli 2020

                   Guru Mata Pelajaran

 

 

 

                  Abdul Jalil,S.Pd.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

0 Response to "RPP TIKOM SABAR PAI & BUDI PEKERTI KELAS 7"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel